Ubah Kamera Smartphone Jadi Kamera SLR

Ubah Kamera Smartphone Jadi Kamera SLR


Kamera adalah fitur wajib di setiap smartphone. Namun, tidak semua smartphone dilengkapi dengan kamera yang bagus. Nah, jika fitur kamera ponsel kamu pas-pasan, coba aplikasi kamera yang bernama Camera FV-5 Lite, Aplikasi ini bisa mengubah kamera ponsel biasa menjadi kamera profesional yang memiliki fitur layaknya kamera single-lens reflex (SLR).
1. Mengubah ISO
Pada aplikasi Camera FV-5 Lite, kamu bisa mengatur ISO (sensor sesitivitas kamera terhadap cahaya) untuk menyesuaikan dengan kondisi cahaya di lokasi yang akan kamu potret. Mulai dari ISO Auto, ISO 100, hingga ISO 1600.

2. Exposure Compensation
Seperti layaknya kamera SLR, pada kondisi tertentu pengaturan kompensasi exposure sangat diperlukan. Pengaturan exposure merupakan cara memerintah kamera untuk menentukan banyak-sedikitnya cahaya yang masuk melalui lensa. Jika cahaya berlebih, kamu bisa menurunkan exposure 1 hingga 2 stop atau sebaliknya menambah nilai exposure jika kondisi cahaya kurang.

3. Pengukur Cahaya
Fitur lain yang ditawarkan aplikasi ini adalah pengukur cahaya atau Light Metering Mode. Pada fitur ini, kamu dapat memilih bagian tertentu dari objek yang akan kamu potret untuk diukur, sehingga kamera mendeteksi seberapa banyak cahaya yang dibutuhkan. Caranya, pilih bagian objek foto yang akan diukur, kemudian tekan dan tahan selama beberapa detik. Setelah itu, cahaya akan menyesuaikan ke bagian objek tersebut .

4. Mode Fokus
Kamu dapat mengatur posisi atau bagian foto yang akan dibuat fokus. Terdapat pula fitur Smile Detection di mana kamera akan fokus apabila mendeteksi wajah dengan senyuman.

5. White Balance
Pada fitur ini, kamu bisa mengatur karakter warna menyesuaikan kondisi cahaya yang ada.

6. Self Timer dan Timelapse
Pada tab “Menu”, kamu dapat menemukan pengaturan untuk mode self timer, mulai dari 2 detik, 5 detik, hingga 10 detik.

Menariknya, aplikasi Camera FV-5 Lite  juga menyajikan fitur Timelapse. Kamu bisa mengatur interval waktu pengambilan gambar dan berapa banyak gambar yang diambil dalam interval waktu tersebut. Selain itu terdapat juga fitur memotret dengan mode Burst. Kamu dapat mengambil gambar sebanyak-banyaknya dalam sekali jepret dan seberapa lama kamu menekan tombol shutter.

Dari 6 fitur yang dijelaskan di atas, masih banyak fitur lain dari Camera FV-5 Lite yang bisa kamu explore untuk menghasilkan jepretan gambar yang maksimal.

0 komentar: