Makalah Google Sketchup



BAB 1
PENDAULUAN
A.   LATAR BELAKANG
            Seiring berlalunya waktu, zaman terus berkembang dan perubahan disetiap bidang terus terjadi. Perkembangan teknologi adalah salah satu bagian yang berkembang, Teknologi diciptakan untuk mempermudah manusia, semakin maju teknologi semakin mudah hidup manusia.

Dahulu pembuatan rancangan hanya hanya menggunakan sketsa tangan dan model tiga dimensi juga dikerjakan secara manual. Kini dengan bantuan teknologi aneka macam bantuan perangkat lunak komputer, pembuatan rancangan tersebut dapat dilakukan lebih cepat, baik rancangan dua dimendi maupun tiga dimensi dapat dibuat dengan perangkat lunak.
Salah satu hasil teknologi yang menarik adalah ditemukannya perangkat lunak komputer ‘gooogle sketchup’, perangkat lunak ini adalah sebuah perogram untuk menghasilkan model tiga dimensi, penggunaannya yang relatif mudah membuat software ini dengan cepat menarik perhatian.
Penggunaan ‘google sketchup’ dapat menghemat waktu kerena pengoperasian yang lebih sederhana dibanding perangkat lunak lainnya.

B.   RUMUSAN MASALAH
1.      Apa pengertian dari google sketchup
2.      Apa manfaat dari google sketchup
3.      Apa kegunan dari google sketchup

C.   TUJUAN MAKALAH
1.      Memberi pengertian tentang google sketchup
2.      Mengetahui manfaat google sketchup
3.      Mengetahui kegunaan google sketchup




BAB II
ISI
A.   SEJARAH GOOGLE SKETCHUP
                        SketchUp merupakan sebuah program pemodelan 3D yang dirancang untuk arsitek, insinyur sipil, pembuat film, game developer, dan profesi terkait. Ini juga mencakup fitur-fitur untuk memfasilitasi model penempatan di Google Earth. Aplikasi ini dirancang untuk menjadi lebih mudah digunakan dibandingkan program CAD 3D.

                   Sebuah fitur SketchUp adalah 3D Warehouse yang memungkinkan pengguna SketchUp mencari model yang dibuat oleh orang lain dan berkontribusi model.
SketchUp ini dikembangkan oleh perusahaan startup @ Last Software, Boulder, Colorado yang dibentuk pada tahun 1999. Sketch Up pertama kali dirilis pada bulan Agustus 2000 sebagai tujuan umum alat pembuatan konten 3D. Aplikasi ini memenangkan penghargaan Community Choice Award di sebuah pameran pada tahun 2000. Kunci keberhasilan awal adalah masa belajar yang lebih pendek dari pada alat 3D lainnya.
                        Pada tanggal 14 Maret 2006, Google mengakuisisi @ Last Software, karena Google tertarik buat plugin untuk Google Earth.
                        Pada 9 Januari 2007, SketchUp 6 dirilis, yang menampilkan alat-alat baru serta versi beta Google SketchUp Layout. Vektor 2D Layout termasuk peralatan, serta alat-alat tata letak halaman dimaksudkan untuk memudahkan bagi paraprofesional untuk membuat presentasi tanpa berkerjasama dengan pihak ketiga program presentasi.
                        Pada tanggal 9 Februari 2007, sebuah pembaruan dirilis. Ini mengoreksi beberapa bug, tetapi tidak membawa fitur baru.
                        Pada 17 November 2008, SketchUp 7 sudahdiluncurkan, dengan kemudahan penggunaan, integrasi SketchUp's Komponen Browser dengan Google 3D Warehouse, Layout 2 komponen dinamis yang merespon tepat untuk scaling dan peningkatan kinerja API Ruby.

                   Pada tanggal 27 April 2006, Google mengumumkan Google SketchUp, yang bebas-download versiSketchUp. Versi gratis ini beda dengan versiSketchUp Pro, tetapi terpadu mencakup alat untuk meng-upload kontenke Google Earth dan Google 3D Warehouse, repositori model dibuat dalam SketchUp.
                       
Mereka juga menambahkan kotak peralatan baru di mana Anda dapat berjalan, melihat segala sesuatu dari sudut pandang seseorang, label untuk model, melihat-lihatalat, dan "Setiappoligon" bentukalat.
                        Sedangkan versi gratis dari Google Sketchup 3D hanya dapat mengeksporke SKP dan Google Earth.Kmz format file, versi Pro bisamengekspordanmemasukkan .3 ds,.Dae,. DWG,. DXF,.Fbx,.Obj,.XSI ,dan.wrl format file.

B.   PENGERTIAN GOOGLE SKETCHUP
            Google SketchUp merupakan aplikasi berbasis desain gambar yang mudah dan cukup powerfull, dibalik tool yang sederhana ternyata software ini bisa dibandingkan dengan software sejenisnya untuk gambar tiga dimensi seperti desain rumah atau yang lainnya, tidak hanya itu Google SketchUp mempunyai banyak kelebihan dalam hal teknik gambar, begitu cepat, mudah dan efisien, apalagi kalau digabungkan dengan plugin Vray, sejenis software Rendering yang paling populer sekarang, hasilnya bisa jauh lebih bagus.
                  Program ini sangat populer dikalangan pencinta desain 3D, karena program ini gratis, semua orang bisa mendownloadnya langsung tanpa harus bayar, akan tetapi software Google SketchUp mempunyai dua Versi, pertama Google SketchUp versi biasa dan versi Pro, untuk versi Pro, kita harus membayar lisensinya terlebih dahulu.







Contoh Tampilan Hasil Google Sketchup

google_sketchup___store_hotel_building_by_bobthelurker-d564ss6.png

Davis, Phillip and Abby2.jpg

001.jpg

1.         Pull Up Down Menu : Dari File samapai Help merupakan tool menu yang umum disetiap software, digunakan untuk menyimpan, membuka, atau mengedit objek gambar.
2.         Toolbar Standar : Pada Toolbar Standar disini terdapat icon-icon perintah untuk menggambar objek, mengukur, menseleksi, memindahkandan menyisipkan material atau pewarnaan.
3.         Large Tool Set : Merupakan pengembangan dari Toolbar Standar dimana ada penambahan icon-icon atau perintah.
4.         Measurements : Merupakan panel untuk menyisipkan ukuran objek gambar.

Fungsi Tools Google Sketchup

1.      Select : Berfungsi untuk memilih atau memodifikasi objek/model ketika menggunakan alat-alat lain atau  perintah.

2.      Make Component : Berbeda dengan Group, Make Component digunakan untuk   menggabungkan objek satukesatuan.

3.      Paint Bucket : Digunakan untuk mewarnai atau menyisipkan material pada objek.

4.      Eraser : Untuk menghapus gambar atau material.

5.      Rectangle : Untuk menggambar objek berbentuk kotak.

6.      Line : Untuk menggambar garis lurus. 

7.      Circle : Untuk menggambar objek berbentuk bulat.

8.      Arc : Untuk menggambar setengah lingkaran.  

9.      Polygon : Untuk menggambar objek segi 4, 6, 8 dan seterusnya.

10.  Freehand : Untuk menggambar bebas.

11.  Move : Untuk memindahkan objek.

12.  Push/Pull : Untuk mendorong atau mengubah objek menjadi 3 dimensi.

13.   Rotate : Untuk memutar objek.

14.   Follow Me :  Untuk mendorong objek yang disesuaikan.

15.   Scale : Untuk mengubah ukuran besar kecil objek yang di skala kan.

16.  Offset : Menduplikasi garis objek yang disesuaikan.

17.  Tape Measure Tool : Digunakan untuk mengukur..



18.   Dimension : Digunakan untuk memberi dimensi pada objek.

19.  Protractor : Untuk Ukur sudut miring Konstruksi dan menciptakan entitas Line.

20.  Text Tool : Untuk  menyisipkan tulisan
   .
21.  Axes : Memindahkan atau reorientasi sumbu menggambar
    
22.  3D Text : Membuat teks 3 dimensi.

23.   Orbit : Untuk memutar pandangan objek.

24.   Pan : Memindahkan pandangan objek secara vertikal dan horizontal

25.  Zoom : Untuk memperbesar atau memperkecil pandangan objek.

26.  Zoom Extents : Untuk memperbesar objek satu layar.

27.  Previous : Undo preview

28.  Next : Redo preview

29.  Position kamera : Posisi kamera (pandangan Anda) pada ketinggian
     tertentu untuk memeriksa objek saling berhadapan atau berjalan melalui model.

30.  Look Around : Pivot kamera (pandangan Anda) dari titik stasioner.

31.  Walk : Berjalanlah melalui (tur) model.

32.  Section Plane : Buat pemotongan bagian efek memungkinkan Anda
untuk melihat geometri dalam model.


C.   MANFAAT GOOGLE SKETCHUP

            Manfaat google sketchup adalah untuk membuat bentuk 2 dimensi dan 3 dimensi yang lebih menghemat waktu karena penggunaannya relatif mudah digunakan baik untuk pemula, pembuatan  







BAB III
PENUTUPAN
A.   KESIMPULAN
            SketchUp merupakan sebuah program pemodelan 3D yang dirancang untuk arsitek, insinyur sipil, pembuat film, game developer, dan profesi terkait. Ini juga mencakup fitur-fitur untuk memfasilitasi model penempatan di Google Earth.
            Google SketchUp merupakan aplikasi berbasis desain gambar yang mudah dan cukup powerfull, dibalik tool yang sederhana ternyata software ini bisa dibandingkan dengan software sejenisnya untuk gambar tiga dimensi seperti desain rumah atau yang lainnya, tidak hanya itu Google SketchUp mempunyai banyak kelebihan dalam hal teknik gambar, begitu cepat, mudah dan efisien, apalagi kalau digabungkan dengan plugin Vray, sejenis software Rendering yang paling populer sekarang, hasilnya bisa jauh lebih bagus.

B.   SARAN
      Google sketchup adalah perangkat lunak yang paling digunakan untuk pembuatan bentuk 2dimensi dan 3dimensi, karena aperangkat lunak ini mudah digunakan, tapi biasa juga menggunakan perangkat lunak yang lain untuk pembuatan bentuk 2dimensi dan 3dimensi.

















3 komentar:

  1. Sangat bermanfaat infonya gan terima kasih.

    Bagi agan yang berminat belajar 3D untuk keperluan interior dan exterior bisa dilihat di situs berikut ini http://www.computer-course-center.com/kursus-3d.html

    BalasHapus
  2. makasih sangat berfaedah sekali dan lain kali buat lebih lengkap

    BalasHapus