Facebook "Makan" Baterai Android? Ini Dia Solusinya

erfanscah.blogspot.com - Pernah merasakan baterai Android cepat habis, padahal baru saja charge sampai penuh, tapi kenapa tiba-tiba turun sendiri padahal sedang tidak digunakan? Bisa jadi Aplikasi Facebook yang menjadi penyebabnya.
 Pasalanya, dasar aplikasi Facebook didesain untuk tetap berjalan di belakang layar (background), dengan begini si pengguna akan tetap mendapatkan update secara real-time. Padahal, tidak semua pengguna menginginkan hal tersebut.
Coba perhatikan screenshot dibawah ini, Pemakaian Facebook for Android memakan RAM hingga 123MB (tergantung jenis dan merek Android yang digunakan).
 
Tentu di Android yang RAM nya serba kekurangan ini akan menjadi bumerang tersendiri, karena Facebook terlalu memakan resources yang terlalu berlebihan, dan pastinya ini akan berpengaruh ke performa baterai.
Oke, Sekarang akan Jaka beberkan agar Facebook for Android tidak terlalu memakan baterai Android kamu.
  • Pertama, Buka aplikasi Facebook, lalu masuk ke menu Settings.
  • Kedua, Dibagian "Refresh interval", kamu bisa mengubahnya menjadi "Never", sehingga background tidak perlu melakukan refresh setiap waktu, yang tentunya hanya akan membuat baterai kamu cepat habis.
  • Ketiga, Kamu bisa me non-aktifkan fitur "Messenger location services", karena tanpa sadar fitur ini sangatlah menyedot daya dari baterai kita, fitur semacam ini sangat mirip dengan fitur GPS.
  • Keempat, Matikan Semua Notifikasi. Ini adalah Kuncinya, matikan notifikasi yang dirasa tidak perlu, atau lebih baik matikan semua notifikasi, agar tidak ada proses running background yang terjadi, yang tentunya dapat memakan sumber daya serta RAM kamu.
  • Kelima, Matikan "Sinkronisasi". Fitur ini menurut Jaka sangatlah tidak diperlukan, kenapa? Karena kita tidak perlu lagi melakukan sinkronisasi teman yang ada di Android kita ke Facebook. Jadi, kamu bisa menon-aktifkan saja fitur ini menjadi "Don't sync" agar baterai dapat bertahan lebih lama 
  • Keenam, Matikan Fitur "Chat Heads" jika kamu menggunakan Facebook Messenger, Fitur yang satu ini memang cukup menarik, kamu bisa melakukan Chatting tanpa harus membuka Aplikasi Facebook Messenger, tapi tentunya juga fitur ini memakan RAM yang cukup signifikan, sehingga proses running di background berjalan begitu besar
    .
Pada dasarnya, Aplikasi Facebook for Android didesain memang untuk terus berjalan di background, sehingga dapat memberikan informasi real-time kepada para penggunanya. Tapi kita sebagai pengguna haruslah pintar, tentu kita harus tau mana yang terbaik untuk performa Android kita.
Mungkin peraturan ini juga berlaku di Aplikasi lainnya, seperti Twitter, BBM, WhatsApp atau apapun.

0 komentar: