Inilah 7 Tips Aman untuk Membuat Password

erfanscah.blogspot.com - Password, Adalah sebuah hal yang tidak bisa terlepas oleh seorang yang bergelut di Dunia maya. Namun, kurangnya kewaspadaan kita membuat Password sangat mudah dan rentan sekali untuk ditebak.
Kebanyakan orang membuat password berdasarkan tanggal lahir, nama belakang dan kata-kata yang umum, That's Not Safe, Buddy!.

Bahkan, tak sedikit juga orang yang menggunakan password yang sama disetiap akun yang dimilikinya, tentunya ini akan menjadi rentan, karena jika sudah ketahuan, maka semuanya pun akan terbongkar.
Oke, Sekarang Jaka mau membahas agar kamu dapat membuat Password yang lebih aman untuk kedepannya.
  • Password itu Paling Tidak Memiliki 8 Karakter
    Sebuah Password pada umumnya memiliki minimal karakter, antara 6 dan 8. Alangkah baiknya gunakan minimal 8 karakter pada setiap Password yang kamu buat, kenapa? Karena semakin banyak karakter yang kamu gunakan sebagai password, itu akan memperkecil kemungkinan password kamu diketahui.
  • Gunakan Kombinasi Huruf dan Angka, Ini Wajib!

    Kombinasi Huruf dan Angka dalam Password merupakan kombinasi terbaik, apalagi jika ditambah dengan karakter-karakter spesial, tentunya ini membuat password kamu lebih bertambah kuat. Tapi jangan sampai lupa ya!
  • Jangan Gunakan Kata yang Sudah Umum

    Meskipun kamu sudah menggunakan angka dalam password kamu, tapi jika kamu menggunakan kata yang sudah umum, itu percuma. Sebut saja kamu menambahkan angka yang sering digunakan, sehingga menjadi "erfan123", tentu itu sangat mudah ditebak bukan?

    Untuk mengatasi hal ini, coba gunakan angka acak, misal tanggal lahir ayah dan ibu digabung menjadi satu, atau sebaliknya
  • Ganti Huruf Menjadi Angka atau Karakter Spesial

    Terkadang kita harus menjadi alay untuk dapat menciptakan sebuah password yang spesial. Misal saja, kamu dapat merubah Huruf "S" menjadi Simbol Dollar "$" atau Huruf "O" yang diganti menjadi "0" (Nol), atau kamu bisa gunakan Simbol dan Karakter spesial yang sering kamu gunakan, supaya lebih mudah di ingat.

  • Gunakan Password yang BEDA untuk Setiap Akun, Sangat Penting!

    Jangan pernah mencoba untuk menggunakan Password yang sama pada setiap Akun di Internet, akan sangat berbahaya jika kamu hanya menggunakan satu jenis Password yang sama.

    Namun, jika kamu adalah orang yang mudah lupa, kamu bisa menggunakan bantuan software, seperti Password Safe Download Disini
  • Jika Perlu, Gunakan Password Generator
    Jika kamu tidak terlalu mahir dan handal dalam membuat password, dan masih bingung harus berbuat apa. Kamu bisa coba Password Generator sebagai solusi, dengan Layanan Gratis ini kamu bisa mendapatkan Trik serta Password yang memang benar-benar kuat.

    Dalam kasus ini, Jaka menyarankan agar kamu menggunakan Norton Identify Safe https://identitysafe.norton.com/password-generator
  • Periksa Terlebih Dahulu Kekuatan Password kamu

    Jika semua cara sudah kamu terapkan, sekarang kamu harus mengecek kekuatan Password, Apakah itu sudah benar-benar aman atau masih mudah untuk ditebak.

    Kamu bisa menggunakan layanan Gratis dari Microsoft yang bernama Password Checker
    https://www.microsoft.com/en-gb/security/pc-security/password-checker.aspx

0 komentar: