Inilah Tugas Guru TIK Pada Kurikulum 2013
Guru TIK atau tekhnologi informasi dan komunikasi yang saat ini JJM nya berdasar kouta siswa 150 seperti layaknya guru BK atau bimbingan dan Konseling pada ketentuannya namun Guru Tik sendiri tidak hanya memiliki, dan sekarang apa benar Guru TIK lebih nyaman dengan hanya cukup memenuhi kebutuhan 150 siswa. Berikut Ulasan pak Nazarudin Kompetan P2TK Dikdas
Kalau dilihat pada perubahan kurikulum KTSP ke kurikulum 2013 guru TIK tidak lagi menjadi mata pelajaran yang diajarkan didalam kelas, bahkan daerah yang menjadikan TIK sebagai mulok potensi daerah pun, belum bisa diakomodir,... lalu apakah guru TIK akan hilang ??,...
Kurikulum 2013
dikembangkan dengan penyempurnaan pola pikir dan berbagai pertimbangan lainnnya sebagai berikut:
- pola pembelajaran yang berpusat pada guru menjadi pembelajaran berpusat pada peserta didik.
- pola pembelajaran satu arah menjadi pembelajaran interaktif.
- pola pembelajaran terisolasi menjadi pembelajaran secara jejaring.
- pola pembelajaran pasif menjadi pembelajaran aktif-mencari.
- pola belajar sendiri menjadi belajar kelompok.
- pola pembelajaran alat tunggal menjadi pembelajaran berbasis alat multimedia.
- pola pembelajaran berbasis massal menjadi kebutuhan pelanggan (users) dengan memperkuat pengembangan potensi khusus yang dimiliki setiap peserta didik
- pola pembelajaran ilmu pengetahuan tunggal (monodiscipline) menjadi pembelajaran ilmu pengetahuan jamak (multidisciplines); dan
- pola pembelajaran pasif menjadi pembelajaran kritis
Adalah sebagai berikut
Untuk mewujudkan suasana pembelajaran dan proses
pembelajaran aktif, diharapkan
guru memanfaatkan berbagai sumber belajar agar potensi peserta didik dapat
dikembangkan secara maksimal untuk mewujudkan tujuan pendidikan. Untuk mewujudkan situasi pembelajaran yang mendukung
potensi peserta didik dalam pelaksanaan kurikulum pembelajaran di sekolah perlu
didukung dengan pemanfaatan TIK yang dapat mengekplorasi sumber belajar secara efektif
dan efisien.
Ada tiga tugas utama guru TIK dalam pelaksanaan kurikulum 2013
- membimbing peserta didik pada SMP/MTs, SMA/MA, SMK/MAK, atau yang sederajat untuk mencapai SKL.
- memfasilitasi sesama guru pada SMP/MTs, SMA/MA, SMK/MAK, atau yang sederajat dalam menggunakan TIK untuk persiapan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran.
- memfasilitasi tenaga kependidikan pada SMP/MTs, SMA/MA,
SMK/MAK, atau yang sederajat dalam mengembangkan SIM sekolah berbasis TIK.
Dalam hal membimbing
peserta didik dalam penjelasan adalah sebagai berikut:
Ini berarti guru TIK berkewajiban memimbing siswa untuk mencari, mengolah, menyiapkan, medistribusikan, menyajikan, menginformasikan serta memanfaatkan data dan informasi dalam berbagai cara untuk mendukung kelancaran proses pembelajaran.memfasilitasi sesama guruIni berarti guru TIK berkewajiban memfasilitasi sesama guru SMP/MTs, SMA/MA, SMK/MAK, atau yang sederajat untuk mencari, mengolah, menyiapkan, medistribusikan, menyajikan, menginformasikan, memanfaatkan data dan informasi dalam berbagai cara untuk persiapan, pelaksanaan dan penilaian pembelajaran.
Workshop, In House Training, Pertemuan MGMP, dan pelatihan Guru Individual; mencari sumber belajar, pembuatan media pembelajaran, pengolahan nilai menggunakan spread sheet
memfasilitasi tenaga kependidikan
Ini berati guru TIK memiliki kewajiban untuk memfasilitasi tenaga kependidikan (bukan guru) SMP/MTs, SMA/MA, SMK/MAK, atau yang sederajat untuk mengembangkan sistem manajemen sekolah berbasis TIK, melalui berbagai kegiatan, antara lain.
Individual; memberikan konsultasi sesuai dengan kebutuhan tenaga kependidikan dalam hal implementasi sistem informasi manajemen sekolah
0 komentar: